KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KEC.KARANG BAHAGIA

Monday 12 May 2014

KITAB -KITAB ALLAH DAN RASUL YANGMENERIMANYA

Pengertian Iman Kepada Kitab Kitab Allah - Iman secara bahasa berarti percaya. Iman menurut istilah berarti percaya. Iman menurut istilah berarti kepercayaan yang diyakini kebenarannya dalam hati, diungkapkan dengan lesan, dan diamalkan dengan perbuatan. Kitab Allah merupakan kumpulan wahyu Allah yang diturunkan kepada para rasul dan nabi sebagai pedoman dalam menjalani tugas hidup di dunia. Jadi, veriman kepada kitab-kitab Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menurunkan kitab-kitabNya kepada para nabi dan Rasul-Nya yang berfungsi sebagai pedoman hidup (way of life) bagi umat manusia. Dalam menjalani kehidupan di dunia, agar mereka memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Ada empat kitab Allah yang wajib di imani yaitu :
  • Taurat, diturunkan kepada Nabi Musa a.s sebagai pedoman Bani Israil.
  • Zabur, diturunkan kepada Nabi Dawud a.s
  • Injil, diturunkan kepada Nabi Isa a.s
  • Al Qur'am, diturunkan kepada Nabi Muhammad saw
Iman kepada kitab-kitab Allah merupakan rukun Iman yang ketiga. Seseorang belum dikatakan beriman apabia ia belum meyakini dan mempercayai dan mempercayai sepenuhnya kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi dan rasul-Nya.

Kitab - Kitab Allah
Allah menurunkan kitab kepada rasul dan nabi-Nya. Ada empat kitab Allah swt yang wajib kita imani dan ketahui nama-namanya yaitu : Taurat, Zabur, Injil, Al Qur'an. Kita wajib mengimani seluruh kitab tersebut.

1. Kitab Taurat

Diturunkan kepada nabi Musa sebagai pedoman bagi bani Israil, isinya mengenai ketauhidan,  hak dan kewajiban hamba Allah, aslinya Taurat berbahasa Ibraniatau Suriani. 

"Dan kami berikan kepada Musa, kitab (Taurat) dan Kami jadikannya petunjuk bagi Bani Israil (dengan berfirman), "Janganlah kamu mengambil perlindungan selain Aku" (Q.S Al Isra, 17:2)
2. Kitab Zabur 

Diturunkan kepada nabi Dawud sebagai pedoman Bani Israil, aslinya berbahasa Qibthi, isinya tentang puji-pujian kepada Allah, doa doa, dzikir, serta tausiah dan kata hikmah.

"Dan sesungguhnya telah kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami telah berikan Zabur kepada Dawud" (QS. Al Isra', 17:55)
3. Kitab Injil
Diturunkan kepada nabi Isa sebagai pedoman bagi bani Israil, aslinya berbahasa Aramik atau Suriani, perintah kembali kepada ajaran tauhid yang benar, akhlak mulia, cara-cara membersihkan dosa, larangan bertaklid, membenarkan dan menyempurnakan kitab yang sebelumnya serta membimbing agar tidak rakus.

"Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi bani Israil) denganIsa putera Maryam , membenarkan kitab sebelumnya yaitu: Taurat. dan Kami telah memberikan kepadanya kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan Kitab sebelumnya yaitu Taurat dan menjadi petunjuk bagi orang yang bertakwa" (QS. Al Maidah 5:46)
4. Kitab Al Qur'an 

Diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, berbahasa Arab isinya secara global tentang keimanan dan ketauhidan, Islam dan Ihsan serta kemaasyarakatan, bermacam-macam hukum, disamping meluruskan (koreksi) terhadap kitab-kitab yang sebelumnya juga menyempurnakannya. Al Qur'an diturunkan untuk seluruh bangsa di dunia, berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang dikhususkan bagi kaum rasul yang menerimanya.

Al Qur'an merupakan mu'jizat terbesar di dunia, kandungannya tidak lekang dimakan waktu, menjawab persoalan zaman, menjadi obat (sifa) bahkan dapat menghidupkan/membangkitkan jiwa yang telah mati.

Al Qur'an merupakan wahyu dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. ayat-ayatnya diturunkan secara berangsur-angsur agar mudah dihafal dan dipahami, masa turunnya selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Al Qur'an terdiri dari 30 Juz 114 Surat, 6666 Ayat.

No comments:

Post a Comment